Langkah Transjakarta Hadapi Musim Penghujan

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menghadapi musim penghujan yang diperkirakan masih akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan, PT Transjakarta menyiapkan beberapa langkah antisipasi agar tetap dapat melayani pelanggan dengan baik. 

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Nadia Diposanjoyo mengatakan, pihaknya sudah melakukan antisipasi menggunakan berbagai model. Diantaranya model rute poros, rute pengalihan terdekat, rute perpendekan dan perpanjangan, rute mix koridor serta mix armada.

"Kami juga menyiapkan kualitas armada yang siap menghadang banjir. Semua bus yang terkena banjir pada awal tahun lalu sudah selesai dilakukan perawatan, " ujarnya, Sabtu (22/1). 

Nadia menambahkan, pihaknya juga melakukan penempatan dan perubahan posisi armada pada depo terdekat rute dan perubahan posisi penempatan lokasi armada low entry yang rentan banjir.  

“Armada-armada tangguh yang masih mampu menerjang banjir pada ketinggian tertentu, dilokasikan pada rute yang kemungkinan akan ada genangannya,” beber Nadia.  

Selain armada dan rute, lanjut Nadia, hal lain yang dilakukan adalah mempersiapkan genset dan penambahan shelter untuk berteduh pada lokasi bus stop tertentu.  

Tidak hanya itu, Transjakarta juga menyiapkan formasi petugas piket hingga petugas pelayanan dan petugas pengamanan jalur. 

"Kami juga menyiapkan lampu emergency, obat obatan, titik posko terdekat yang disiapkan oleh BPBD, nomor telepon bantuan bencana, tim medis dan Transcare untuk pelanggan berkebutuhan khusus, " tandasnya.(p/ab)